Kr.Ar001-12 merupakan koleksi Pondok Pesantren Tarbiyat al-Ṭalaba, Keranji, Lamongan.
Kr.Ar01
Kodeks ini terdiri dari empat buah naskah, ditulis
dalam aksara Arab, bahasa Arab, ditulis dengan khaṭṭ jenis Naskh, ditulis
dengan menggunakan kertas gedog. 30,3x20,7cm, Kodeks ini terdiri dari 384
halaman.
(1)
Hal. 1a-169a; 30,3x20,7cm-18,5x12cm, 19 baris /folio.
Salinan lengkap dari Manhaj al-Qawīm karya
Aḥmad
b. Muḥammad ibn Ḥajar al-Haytamī (1504-1567), sharḥ dari Al-Muqaddima al-Ḥaḍramiyya tulisan ‘Abd Allāh b. ‘Abd
al-Raḥmān Bā Faḍl al-Ḥaḍramī (w. 1367). Naskah ini diberi harakat secara detil
di halaman-halaman pertama, tapi mulai halaman 68b, naskah ini tidak lgi diberi
harakat. Naskah ini mulai ditulis pada malam Jum’at (waktu Maghrib) 7 Ramaḍān 1264 H/7 Agustus 1839 dan
selesai ditulis pada waktu Ḍuḥā, hari Jum’at 2 Rabī‘ al-Awwal 1265/ 27 Januari 1840. sebagaimana tercantum di kolofonnya
(169a). Selain tanggal penulisan naskah ini, kolofon juga memberi informasi
tentang judul naskah ini. Naskah ini dan berasal dari desa Banjar Anyar,
Paciran. Kedua teks dibedakan dengan melakukan rubrikasi. Teks Al-Muqaddima al-Ḥaḍramiyya ditulis
dengan tinta merah sedangkan teks Manhaj
al-Qawīm ditulis dengan tinta hitam.
Teks ini diawali dengan kalimat “.. Al-ḥamd
li Allāh ḥamdan yuwāfī ni‘amihi wa yukāfī mazīdah…, (hal. 3b)” dan diakhiri
dengan “..tamma hādhā al-kitāb al-musammā
bi Manhaj al-Qawīm…, f.169a.”
Catatan pinggir yang ada pada naskah ini, tidak hanya merupakan komentar
atas naskah utama (al-matan) tetapi juga buku yang dijadikan rujukan.
Buku rujukan seringkali diletakkan di akhir komentar. Sebagai contoh, pada
catatan pinggir terdapat penjelasan tentang apa yang seharusnya dilakukan
seorang pengumandang adhan ṣalat Jum’at apabila sang khatib telah selelesai
nenyampaikan khutbah Jum’at. Penjelasan tersebut merujuk pada kitab Nihāyat
al-Muḥtāj (hal. 94b) dan masih banyak contol sejenis te halaman halaman
berikutnya.
Sebagaimana kitab Fiqih lainnya, kitab Al-Muqaddima al-Ḥaḍramiyya diawali dengan
pembahasan tentang Ṭahāra (5b). Sedangkan kitab ini berakhir dengan membahas persoalan ‘Aqīqah (167b).
Sumber: GAL. II, 389(26); MIPES: Kr.Ar02, Cpr.Ar06(1); Supp. Cat.
Batavia, no. 476.
Manhaj
al-Qawīm
Kr.Ar01(1)_f. 169a.
(2)
ff. 169b-171a; 30,3x20,7cm-18,5x12cm, 19 baris/folio.
Salinan dari Fatḥ al-Raḥmān bi Sharḥ Risālat
al-Walī Raslān by Zakariyyā b. Muḥammad al-Anṣārī (d.
926/1520). Kitab ini merupakan sharḥ dari Risālat al-Tawḥīd by Raslān b. Ya‘qūb b. ‘Abd
al-Raḥmān al-Ja‘farī al-Dimasqī (d. c. 695/1296). Bagian pertama dari kitab ini
sepertinya tidak sempat tersalin, tapi bagian dari naskah ini membahas tentang al-shirk al-khafī (shirk tersembunyi). Naskah
ini dibuka dengan “..fa i‘lam anna
kullaka shirk khafī…,f. 169b” dan ditutup dengan “tammat wa Allāh a‘lam hādha al-kitāb
al-musammā bi Fatḥ al-Raḥmān, f. 170b.” Naskah ini diberi harakat secara
jeli dan dipenuhi dengan jenggotan dalam bahasa Jawa (Pegon) dan beberapa
catatan pinggir dalam bahasa Arab. Kitab Fatḥ al-Rahmān adalah salah satu kitab Uṣūl al-Dīn yang cukup
terkenal dan diperkirakan dipelajari dilingkungan pondok pesantren di pulau
Jawa. Paling
tidak terdapat tiga buah naskah yang sama tersimpan di dua tempat: dua salinan
di Keranji dan satu salinan di Langitan.
Sumber: Ali Hasjmy: 155/Th/16/YPAH/2005; Ahlwardt, no. 2427; CMH. No. 726; GAL. I, 452; Handlist, p. 80, 319; Inventory: VI: 5690(8), 5735(25), VIII: 7030(9), 7049(1),
7054(10), 7354(1); MIPES: Lang.Ar21(2), incomplete copy: Kr.Ar13(12); Supp.
Cat. Batavia, 204-207.
Halaman
pertama dari Fatḥ al-Raḥmān
Kr.Ar01(2)_f.
169b.
(3) ff. 171b-182a; 30,3x20,7cm-25x13cm,
27 baris/folio. Salinan dari ‘Umdat
al-Ansāb al-Anbiyā’, anonym, sebuah risalah tentang
sejarah geneologi para nabi. Menurut Voorhoeve, risalah singkat ini merupakan ringkasan dari naskah berbahasa Persi
yang berjudul Rawḍat al-Aḥbāb, al-mu‘raba min kitāb Rawḍat al-Aḥbāb,
karya ‘Aṭā’ Allāh b. Faḍl Allāh b. Aḥmad al-Nasafī (926/1520). Diawali dengan
“… bi ism Allāh al-Raḥmān al-Raḥīm ‘alā
mā an‘ama wa ‘allama min al-bayān…, f. 171b,” dan diakhiri dengan kalimat “tammat al-risāla al-musammāt bi ‘Umdat
al-Ansāb al-Anbiyā’…,(179b.)” di awali dengan sejarah singkat Nabi Adam dan
diakhiri dengan geneologi nabi Muhammad. Naskah ini selesai disalin pada
tanggal 17 Shawwal tahun Bā’ yang
bertepatan dengan tahun 1280 H/26 Maret 1864 M. Naskah ini tidak memiliki
harakat dengan sedikit catatan yang ada di pinggir halaman juga sedikit
jenggotan.
Sumber: Handlist, p. 386; Inventory IX: 8399(7);
Supp. Cat. Batavia, no. 527.
Halaman
akhir dari ‘Umdat al-Ansāb
Kr.Ar01(3)_f.
179b.
(4)
ff.
182b-192b. 30,3x20,7cm-18,5x13cm, 19 baris/folio. Rislah singat di bidang fiqih
khusus tentang Arkān al-Nikāḥ (Rukun Pernikahan), tidak diketahui siapa
yang menyusun risalah ini. Sebagian dari naskah ini diberi harakat, dan
memiliki catatan di pinggir halaman, Nasakh ini menjelaskan rukun perkawinan
yang terdiri dari lima hal: pertama, ṣīgha
atau janji pernikahan; kedua, wali; ketiga dan keempat kedua mempelai perempuan
dan pria; kelima adalah dua orang saksi (182b). Risalah singkat ini diakhiri
dengan problem menikahi perempuan yang hamil karena zina yang diperbolehkan
untuk dilakukannya (188a). Naskah ini dibuka dengan kalimat “al-nikāḥ
khamsat arkān…(182b,)” dan ditutup dengan “thumma ‘āda Allāh fīhimā fawran qarḍa‘atāni…,(188a.)” Sumber: Ahlwardt, no. 4681; GAL. II, 628; Handlist, p. 23; Inventory. II: 1255(2),
VI: 7520(6), VIII: 7170(1).
Salinan Arkān al-Nikāḥ
Kr.Ar01(4)_f. 188a.
Surabaya, 25 Agustus 2013
Amiq Ahyad
Harrah's Atlantic City - Mapyro
BalasHapusHotels near Harrah's 아산 출장마사지 Atlantic City, NJ. 경상북도 출장안마 Hotels 1 - 12 of 토토커뮤니티 106 — Looking for the Harrah's Atlantic 충주 출장마사지 City casinos? MapYR 제천 출장안마 Hotels · 777 Harrah's Blvd, Atlantic City NJ 08401.