Sabtu, 24 Agustus 2013

The Keranji Collection: Kr.Ar01

Kr.Ar001-12 merupakan koleksi Pondok Pesantren Tarbiyat al-Ṭalaba, Keranji, Lamongan

Kr.Ar01
Kodeks ini terdiri dari empat buah naskah, ditulis dalam aksara Arab, bahasa Arab, ditulis dengan khaṭṭ jenis Naskh, ditulis dengan menggunakan kertas gedog. 30,3x20,7cm, Kodeks ini terdiri dari 384 halaman.

(1)   Hal. 1a-169a; 30,3x20,7cm-18,5x12cm, 19 baris /folio. Salinan lengkap dari Manhaj al-Qawīm karya Aḥmad b. Muḥammad ibn Ḥajar al-Haytamī (1504-1567), sharḥ dari Al-Muqaddima al-Ḥaḍramiyya tulisan ‘Abd Allāh b. ‘Abd al-Raḥmān Bā Faḍl al-Ḥaḍramī (w. 1367). Naskah ini diberi harakat secara detil di halaman-halaman pertama, tapi mulai halaman 68b, naskah ini tidak lgi diberi harakat. Naskah ini mulai ditulis pada malam Jum’at (waktu Maghrib) 7 Ramaān 1264 H/7 Agustus 1839 dan selesai ditulis pada waktu uḥā, hari Jum’at 2 Rabī‘ al-Awwal 1265/ 27 Januari 1840. sebagaimana tercantum di kolofonnya (169a). Selain tanggal penulisan naskah ini, kolofon juga memberi informasi tentang judul naskah ini. Naskah ini dan berasal dari desa Banjar Anyar, Paciran. Kedua teks dibedakan dengan melakukan rubrikasi. Teks Al-Muqaddima al-Ḥaḍramiyya ditulis dengan tinta merah sedangkan teks Manhaj al-Qawīm  ditulis dengan tinta hitam.
Teks ini diawali dengan kalimat “.. Al-ḥamd li Allāh ḥamdan yuwāfī ni‘amihi wa yukāfī mazīdah…, (hal. 3b)” dan diakhiri dengan “..tamma hādhā al-kitāb al-musammā bi Manhaj al-Qawīm…, f.169a.”
Catatan pinggir yang ada pada naskah ini, tidak hanya merupakan komentar atas naskah utama (al-matan) tetapi juga buku yang dijadikan rujukan. Buku rujukan seringkali diletakkan di akhir komentar. Sebagai contoh, pada catatan pinggir terdapat penjelasan tentang apa yang seharusnya dilakukan seorang pengumandang adhan ṣalat Jum’at apabila sang khatib telah selelesai nenyampaikan khutbah Jum’at. Penjelasan tersebut merujuk pada kitab Nihāyat al-Muḥtāj (hal. 94b) dan masih banyak contol sejenis te halaman halaman berikutnya.
Sebagaimana kitab Fiqih lainnya, kitab Al-Muqaddima al-aramiyya diawali dengan pembahasan tentang Ṭahāra (5b). Sedangkan kitab ini berakhir dengan membahas persoalan ‘Aqīqah (167b).
Sumber: GAL. II, 389(26); MIPES: Kr.Ar02, Cpr.Ar06(1); Supp. Cat. Batavia, no. 476.





















Manhaj al-Qawīm
Kr.Ar01(1)_f. 169a.


(2)   ff. 169b-171a; 30,3x20,7cm-18,5x12cm, 19 baris/folio. Salinan dari Fatḥ al-Raḥmān bi Sharḥ Risālat al-Walī Raslān  by Zakariyyā b. Muḥammad al-Anṣārī (d. 926/1520). Kitab ini merupakan sharḥ dari Risālat al-Tawḥīd by Raslān b. Ya‘qūb b. ‘Abd al-Raḥmān al-Ja‘farī al-Dimasqī (d. c. 695/1296). Bagian pertama dari kitab ini sepertinya tidak sempat tersalin, tapi bagian dari naskah ini membahas tentang al-shirk al-khafī (shirk tersembunyi). Naskah ini dibuka dengan “..fa i‘lam anna kullaka shirk khafī…,f. 169b” dan ditutup dengan “tammat wa Allāh a‘lam hādha al-kitāb al-musammā bi Fatḥ al-Raḥmān, f. 170b.” Naskah ini diberi harakat secara jeli dan dipenuhi dengan jenggotan dalam bahasa Jawa (Pegon) dan beberapa catatan pinggir dalam bahasa Arab. Kitab Fatḥ al-Rahmān adalah salah satu kitab Uṣūl al-Dīn yang cukup terkenal dan diperkirakan dipelajari dilingkungan pondok pesantren di pulau Jawa. Paling tidak terdapat tiga buah naskah yang sama tersimpan di dua tempat: dua salinan di Keranji dan satu salinan di Langitan.
Sumber: Ali Hasjmy: 155/Th/16/YPAH/2005; Ahlwardt, no. 2427; CMH. No. 726; GAL. I, 452; Handlist, p. 80, 319; Inventory: VI: 5690(8), 5735(25), VIII: 7030(9), 7049(1), 7054(10), 7354(1); MIPES: Lang.Ar21(2), incomplete copy: Kr.Ar13(12); Supp. Cat. Batavia, 204-207.





















Halaman pertama dari Fatḥ al-Raḥmān
Kr.Ar01(2)_f. 169b.

(3)   ff. 171b-182a; 30,3x20,7cm-25x13cm, 27 baris/folio. Salinan dari ‘Umdat al-Ansāb al-Anbiyā’, anonym, sebuah risalah tentang sejarah geneologi para nabi.  Menurut Voorhoeve, risalah singkat ini merupakan ringkasan dari naskah berbahasa Persi yang berjudul Rawḍat al-Aḥbāb, al-mu‘raba min kitāb Rawḍat al-Aḥbāb, karya ‘Aṭā’ Allāh b. Faḍl Allāh b. Aḥmad al-Nasafī (926/1520). Diawali dengan “… bi ism Allāh al-Raḥmān al-Raḥīm ‘alā mā an‘ama wa ‘allama min al-bayān…, f. 171b,” dan diakhiri dengan kalimat “tammat al-risāla al-musammāt bi ‘Umdat al-Ansāb al-Anbiyā’…,(179b.)” di awali dengan sejarah singkat Nabi Adam dan diakhiri dengan geneologi nabi Muhammad. Naskah ini selesai disalin pada tanggal 17 Shawwal tahun Bā’ yang bertepatan dengan tahun 1280 H/26 Maret 1864 M. Naskah ini tidak memiliki harakat dengan sedikit catatan yang ada di pinggir halaman juga sedikit jenggotan.
Sumber:  Handlist, p. 386; Inventory IX: 8399(7); Supp. Cat. Batavia, no. 527.






















Halaman akhir dari ‘Umdat al-Ansāb
Kr.Ar01(3)_f. 179b.


(4)   ff. 182b-192b. 30,3x20,7cm-18,5x13cm, 19 baris/folio. Rislah singat di bidang fiqih khusus tentang Arkān al-Nikāḥ (Rukun Pernikahan), tidak diketahui siapa yang menyusun risalah ini. Sebagian dari naskah ini diberi harakat, dan memiliki catatan di pinggir halaman, Nasakh ini menjelaskan rukun perkawinan yang terdiri dari lima hal: pertama, ṣīgha atau janji pernikahan; kedua, wali; ketiga dan keempat kedua mempelai perempuan dan pria; kelima adalah dua orang saksi (182b). Risalah singkat ini diakhiri dengan problem menikahi perempuan yang hamil karena zina yang diperbolehkan untuk dilakukannya (188a). Naskah ini dibuka dengan kalimat al-nikāḥ khamsat arkān…(182b,)” dan ditutup dengan “thumma ‘āda Allāh fīhimā fawran qarḍa‘atāni…,(188a.)” Sumber: Ahlwardt, no. 4681; GAL. II, 628; Handlist, p. 23; Inventory. II: 1255(2), VI: 7520(6), VIII: 7170(1).





















Salinan Arkān al-Nikāḥ

Kr.Ar01(4)_f. 188a.

Surabaya, 25 Agustus 2013
Amiq Ahyad

1 komentar:

  1. Harrah's Atlantic City - Mapyro
    Hotels near Harrah's 아산 출장마사지 Atlantic City, NJ. 경상북도 출장안마 Hotels 1 - 12 of 토토커뮤니티 106 — Looking for the Harrah's Atlantic 충주 출장마사지 City casinos? MapYR 제천 출장안마 Hotels · 777 Harrah's Blvd, Atlantic City NJ 08401.

    BalasHapus