Rabu, 08 Mei 2013

Merawat Khazanah Pesantren

Blog ini akan saya jadikan semacam diary perjalanan saya dalam melestarikan Khazanah Intelektual Pesantren yang berwujut Manuskrip Islam. Salah satu poin yang akan saya posting adalah resensi atas isi dari manuskrip tersebut dari aspek filologis maupun kodikologis. Sehingga akan mirip menjadi embrio Katalog Manuskrip Islam Pesantren Kalau sampai hari ini saya memiliki 657 teks yang saya temukan di lima pondok pesantren di propinsi Jawa Timur bisa dibayangkan bagaimana warna blog ini. Tentu saja di masing masing teks akan saya sertakan satu atau dua digital faksimail, karena memang saya memiliki kesemuanya.

Kalau saya menulis setiap jum'at maka blog ini akan berwajah mirip lembaran Jum'at yang sering kita temui di masjid-masjid. Tapi saya tidak memiliki tujuan seperti itu meskipun suatu saat akan muncul kemiripan kemiripan yang mungkin tidak bisa saya hindari.

Akhirnya saya mengucapkan selamat membaca halaman halaman berikutnya, semoga blog ini bermanfaat bagi peminat kajian Filologi dan Kodikologi Islam di Indonesia.

salam,
Amiq Ahyad

2 komentar:

  1. assalam ;)
    salam kenal mas Amiq ahyad. inspiratif dan menrik sekali ide2 nya untuk menuliskan beberapa ilmu2 yg bermanfaat dari manuskrip2 islam. untuk info alhamdllah sudah ada media penulis islam yang insya allah konsen sebagai media dakwah, share dan belajar untuk para penulis islam, ini media ummat sesiapa saja bisa share ilmu2nya...jika berkenan silahkan bergabung dan kita sama2 berdakwah untuk islam..semoga bermanfaat ini tautannya http://gopesantren.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih Elvan undangannya, tapi maaf blog ini bukan saya jadikan sebagai media dakwah. "dakwah" menurut saya pesan sponsor yang nilainya terlalu berat. saya mau jadikan blog ini hanya sebagai diari saya, tanpa pretensi apa apa.

    BalasHapus